Tuesday, January 17, 2017

Menulis?

Hari dimana saya merubah pandangan saya tentang sebuah pembicaraan pada telat malam. Emosi memuncak karena ada permasalahan yang benar-benar seperti anak SMA. Ada yang berbicara seperti ini "Omongan lo kebanyakan baca quotes, BASI!!! lo bukan anak SMA lagi. Buat apa berseteru cuma karena masalah sepele" dari situ sontak saya kaget, karena saya berada di umur 18 tahun, dimana saya duduk di salah satu PTN ternama. "Mending lo baca buku,apapun itu ada hasilnya. Daripada cerita-cerita gajelas." lalu setelah itu saya mencoba untuk memikirkan hal yang sahabat karib saya sampaikan, saya menemukan sebuah buku yang bertuliskan nama ibu saya pada tahun 1999 lalu saya membaca sebuah novel kuno kepemilikan beliau tersebut. Dimana sisi romantisme dan sisi kedewasaan seseorang di cerminkan lewat kata-kata dan bahkan emosi bersama pertengkaran bisa terlihat jelas di buku tersebut seakan sedang bersimpati ataupun berempati pada karakter tersebut.

Selang dari novel tersebut saya iseng-iseng untuk membeli beberapa novel yang lumayan sedang hits di kalangan muda seumuran saya. Benar sekali selalu ada cerita cinta anak muda-mudi yang sedang di mabuk asmara, betapa romantisnya kala rindu. Saya menyukai cara orang menulis melalui kata-kata puitis yang dilontarkan oleh tiap-tiap penulis. Jadi otomatis saya mulai menyukai kata-kata puitis yang ada, dimana selalu ada kata yang tak biasa ada di buku belajar maupun di koran harian.

PUISI. Bagi saya puisi adalah sebuah perasaan yang bebas yang dilontarkan tiap orang yang menulisnya, pasti ada sebab atau akibat dari apa yang mereka selalu tulis dari tiap-tiap kata ataupun alasan-alasan bodoh, atau juga rindu akan seseorang. Saya memang tak tahu apa-apa untuk dunia penulisan ini, tapi tiap apa yang kalian tulis, tiap kata yang selalu memiliki arti berbeda, itu sangat lah berarti bagi para orang yang menyukai puisi. Jadi jangan kalian pikir menulis sebuah puisi yang berbau cinta selalu dirundung kegalauan. Dan tidak juga sebuah puisi kehidupan sebuah curahan sampah seseorang. Mereka sedang berhalusinasi agar membuat arti dari sebuah rangkaian kata. Dan boleh juga kalian belajar menulis hal-hal yang tak bisa di sampaikan selama ini.

-03.28/18jan17

No comments:

Post a Comment